Home arrow KONSULTASI INTERIOR arrow Kamar Mandi di Bawah Tangga
Rumahku Edisi Terbaru
 

Image

Image

Image

Image

 

LIFESTYLE & LEISURE
TIPS & ACCESSORIES
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Susi)

Login Form





Lost Password?
No account yet? Register

Image

Image  

 
Syndicate
Who's Online

Image
Image
 
 
Kamar Mandi di Bawah Tangga PDF Print E-mail
Monday, 09 January 2012

Image

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

     Sayangnya hal ini agak berbeda menurut pandangan ilmu feng shui. Tangga dalam ilmu feng shui merupakan bagian rumah yang aktif, artinya “qi” nya bergerak aktif akibat sirkulasi vertikal yang dilakukan oleh penghuni. Dengan adanya pergerakan dari penghuni untuk naik dan turun melalui tangga, maka sebaiknya tangga diletakkan pada sektor bagus dari kepala keluarga agar qi dari sektor bagus ini teraktifkan dan memberimanfaat positif bagi penghuni rumah. Sedangkan toilet dalam ilmu feng shui merupakan bagian yang berfungsi pembuangan, toilet akan men-drain out qi di mana toilet tersebut berada, karena itu toilet akan ditempatkan pada sektor jelek dari kepala keluarga agar efek negatif dari sektor jelek tersebut ter-drain out oleh toilet.

     Dari sini terlihat bahwa tangga sebaiknya berada pada sektor bagus, sedangkan toilet sebaiknya berada pada sektor jelek. Demikian toilet dan tangga tidak direkomendasikan untuk menempati sektor yang sama dari rumah anda. Hasil pengamatan saya terhadap rumah-rumah yang dipasarkan oleh beberapa pengembang, sering terlihat posisi tangga berada di sektor depan rumah, bersebelahan dengan pintu utama. Alasannya adalah privacy. Agar tamu yang datang ke rumah tidak masuk ke area privat, maka ruang di bawah tangga tersebut dijadikan toilet tamu.

     Ada beberapa hal yang melanggar kaidah feng shui disini. Pertama, pintu utama harus menghadap arah bagus dari kepala keluarga. Sebaiknya juga terletak pada sektor bagus dari kepala keluarga, dengan demikian rumah ini memberikan efek positif yang maksimal. Kedua, penempatan tangga pada sektor baguskarena terletak di samping pintu utama masih benar, tetapi apabila diletakkan juga toilet untuk tamu pada sektor bagus tersebut maka toilet ini akan men drain out efek positif dari ruang bagus ini, dan membuat potensi keberuntungan ikut terkuras keluar melalui toilet.

     Tangga merupakan salah satu bagian yang cukup mahal dari rumah Anda. Karena itu sebaiknya diperlakukan sebagai ornamen yang dapat dibanggakan. Ruang di bawah tangga bisa kita olah sedemikian rupa sehingga dapat menonjolkan keindahan dari tangga. Misalnya dengan membuat taman kering, atau dijadikan galeri untuk mendisplay aneka pajangan. Penempatan toilet yang paling berbahaya adalah apabila toilet sampai terletak pada sektor Sheng Qi dari kepala keluarga, dimana akan memberi efek terkurasnya finansial secara tidak terkontrol dan tidak jarang membawa keuangan keluarga menuju kehancuran yang berat untuk diselesaikan. Toilet sebaiknya diletakkan pada sektor jelek dari kepala keluarga seperti sektor Jue Ming, Liu Sha dan lain lain. Sektor-sektor ini masing masing berbeda satu dengan lainnya, tergantung hasil perhitungan pola manusia berdasarkan metode perhitungan ilmu feng shui.

     “Tangga sebaiknya berada pada sektor bagus, sedangkan toilet sebaiknya berada pada sektor jelek. Toilet dan tangga tidak direkomendasikan untuk menempati sektor yang sama dari rumah ”

 
Image
Hunianku
Image
Apartment
Image
Idealhome
Image
Livingestate
 
Rubrikasi
ETALASE
HOME SWEET HOME
TREN DESAIN
ARSITEKTUR
INTERIOR
LAPORAN UTAMA
LIPUTAN KHUSUS
REKOMENDASI
PERBANKAN
PROPERTY
SOROT
FIGUR
ANJANGSANA
BUAH BIBIR
HOME APPLIANCE
INSPIRASI
FLORA & FAUNA
SENI
KONSULTASI
HANG OUT
MANCANEGARA
TIPS
LANSEKAP
COVER STORY
PEMBIAYAAN
POJOK DESAIN
KONSULTASI ARSITEKTUR
KONSULTASI INTERIOR
KONSULTASI FENG SHUI
GAYA HIDUP
INFO
MATERIAL
GALERI
FURNITURE
Wisata
Ragam
FOKUS
ruang
Advertisement
Polling
Polling 1
Polling 2