Home arrow INSPIRASI arrow Dinding Bicara Lewat Panel
Rumahku Edisi Terbaru
 

Image

Image

Image

Image

 

LIFESTYLE & LEISURE
TIPS & ACCESSORIES
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Susi)

Login Form





Lost Password?
No account yet? Register

Image

Image  

 
Syndicate
Who's Online
We have 1 guest and 1 member online

Image
Image
 
 
Dinding Bicara Lewat Panel PDF Print E-mail
Monday, 10 October 2011
ImageBingung mengisidinding kosong di rumah Anda? Buat saja panel agar dinding tampil lebih mengesankan.

     Dalam sebuah ruang seringkali kita menemukan bidang dinding yang luas, misalnya di kamar tidur, ruang duduk, ruang makan atau ruang sirkulasi. Jika dibiarkan kosong tanpa hiasan, tentu tampilan ruang menjadi kurang menarik. Menghadirkan panel pada dinding atau dikenal sebagai backwall, bisa mengubah suasana ruang dalam waktu yang relatif cepat. Umumnya material yang digunakan adalah kayu olahan (MDF), gypsum atau papan multipleks. Untuk finishingnya, terdapat banyak pilihan, mulai dari cat, pelitur, duco, wallpaper, lapis HPL atau lapis veneer.

 

ImagePanel sebagai area penyimpanan multifungsi. (Lokasi : Kediaman Kenny & Indra, Alam Sutra, Serpong / Foto : Muhtar Holil) Panel pada dinding, sejatinya tidak hanya berfungsi sebagai “tempelan” semata. Panel bisa juga dibuat multifungsi sebagai area penyimpanan, dengan menambah lemari kabinet di dalamnya.Bagian yang tertutup, bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang atau buku, sehingga ruangan tetap terlihat rapi. Selain itu, bisa juga ditambahkan cerukan atau ambalan, sebagai rak pajang berbagai aksesoris. Untuk variasi, panel bisa dikombinasi dengan material lain, seperti kaca bening, stiker, kac cermin, kain atau aluminium. Tambahkan efek pencahayaan untuk memberi kesan dramatis. Bisa pada cerukan-cerukan tersembunyi, atau gunakan downlight untuk menyorot barang-barang pajangan.

 

Tips Membuat Panel
- Perhatikan proporsi
- Untuk besaran ruang terbatas, pilih hanya satu bidang yang diolah, sehingga tidak terl ihat “ramai”.

 

Bagian Dinding yang diolah

ImageBack panel tempat tidur dikombinasi side table berketinggian rendah. (Lokasi : Kediaman di Jakarta / Foto : Ricky)Tak semua bagian dinding pas untuk ditempatkan panel. Perhatikan hal berikut. Pelajari layout ruang. Pilih dinding yang akan dijadikan point of interest. Perhatikan pula letak furnitur di ruang tersebut, karena ikut menentukan bagian dinding mana yang akan diolah. a. Kamar tidur. Bagian belakang tempat tidur biasanya terdapat dinding kosong. b. Ruang duduk. Letakkan panel di depan atau dibelakang sofa tiga dudukan, sesuaikan dengan kebutuhan. Jika fungsi panel sekaligus untuk meletakkan tv, tempatkan panel di depan sofa. Jika fungsinya sebagai penarik perhatian atau penghias, letakkan panel di belakang sofa. Material MDF termasuk digemari penggunaannya sebagai panel. Saat ini terdapat beragam tekstur dan motif MDF. Ada yang berupa tekstur gelombang tiga dimensi (MDF Wave Panel), yang dipotong berlubang, hingga yang tembus dan membentuk bermacam-macam pola. Jika ingin terlihat natural, bisa digunakan panel yang terbuat dari material alami, seperti batok kelapa (cocohusk panel). Bagi penyuka gaya kontemporer, ada panel yang terbuat dari polyresin dengan campuran material natural seperti daun atau serabut akar. Bahkan bagi Anda penyuka motif-motif tradisional, saat ini bisa menampilkan keindahan motif batik kesayangan Anda sebagai panel dinding. Kemajuan teknologi, memungkinkan motif panel dapat dicetak dari batik Anda. Menarik bukan.

 

Ambalan “L”, panel cermin

ImageJangan biarkan sudut ruangan kosong lapisi dengan kaca cermin, tambahkan ambalan kayu untuk rak panjang, ambalan menerus membentuk huruf L. Material MDF termasuk digemari penggunaannya sebagai panel. Saat ini terdapat beragam tekstur dan motif MDF. Ada yang berupa tekstur gelombang tiga dimensi (MDF Wave Panel), yang dipotong berlubang, hingga yang tembus dan membentuk bermacam-macam pola.

 

 

 

 

 ImageImage

Jika ingin terlihat natural, bisa digunakan panel yang terbuat dari material alami, seperti batok kelapa (cocohusk panel). Bagi penyuka gaya kontemporer, ada panel yang terbuat dari polyresin dengan campuran material natural seperti daun atau serabut akar. Bahkan bagi Anda penyuka motif-motif tradisional, saat ini bisa menampilkan keindahan motif batik kesayangan Anda sebagai panel dinding. Kemajuan teknologi, memungkinkan motif panel dapat dicetak dari batik Anda. Menarik bukan.

 

ImageDinding di area depan tempat tidur dipercantik dengan wallpaper dan panel kayu untuk meletakkan tv. Gunakan kaca cermin sebagai aksen pada panel, serta ambalan dibagian pinggirnya. (Lokasi : Show unit JGC di Jakarta / Foto : Ricky)

 

 

 

 

ImageImage

ImageFungsi panel
- Mempercantik interior
- Sebagai point of interest
- Menutup permukaan dinding yang kurang sempurna (miring, bergelo mbang, atau acian plesteran kurang sempurna)

Comments (0)Add Comment

Write comment
You must be logged in to a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy
 
Image
Hunianku
Image
Apartment
Image
Idealhome
Image
Livingestate
 
Rubrikasi
ETALASE
HOME SWEET HOME
TREN DESAIN
ARSITEKTUR
INTERIOR
LAPORAN UTAMA
LIPUTAN KHUSUS
REKOMENDASI
PERBANKAN
PROPERTY
SOROT
FIGUR
ANJANGSANA
BUAH BIBIR
HOME APPLIANCE
INSPIRASI
FLORA & FAUNA
SENI
KONSULTASI
HANG OUT
MANCANEGARA
TIPS
LANSEKAP
COVER STORY
PEMBIAYAAN
POJOK DESAIN
KONSULTASI ARSITEKTUR
KONSULTASI INTERIOR
KONSULTASI FENG SHUI
GAYA HIDUP
INFO
MATERIAL
GALERI
FURNITURE
Wisata
Ragam
FOKUS
ruang
Advertisement
Polling
Polling 1
Polling 2
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday397
mod_vvisit_counterYesterday626
mod_vvisit_counterThis week3262
mod_vvisit_counterThis month397
mod_vvisit_counterAll732496