Home arrow MATERIAL arrow Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif
Rumahku Edisi Terbaru
 

Image

Image

Image

 

LIFESTYLE & LEISURE
TIPS & ACCESSORIES
PROPERTY & REFERENSI BISNIS
ARSITEKTUR & DESIGN
mediakit
News
menuutama
Newsflashes
FAQs
Subscribe
Unsubscribe



CS-1 (Leni)

CS-2 (Putri)

Redaksi (Susi)

Login Form





Lost Password?
No account yet? Register

Image

Image  

 
Syndicate
Who's Online
We have 1 guest online

Image
 
 
 
 
Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif PDF Print E-mail
Tuesday, 13 September 2011

Image  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat.

 

      

     Bila Anda ingin tampil gaya, unik atau ingin tampil eksklusif, coba pertimbangkan memakai keramik mosaic di rumah. Selain fungsinya beragam, inovasi mosaic kini terus berkembang dan makin menawan dari warna, bentuk serta motif.

 Image      Keramik mosaic adalah jenis keramik tile yang dibentuk dari potongan-potongan keramik berukuran kecil (mosaic), yang selanjutnya akan dirangkai membentuk pola tertentu sesuai dengan desain yang diinginkan. Mosaic sangat fleksibel untuk diolah menjadi aneka desain, sesuai dengan berbagai gaya interior, baik minimalis, klasik ataupun etnik.


 UKURAN & JENIS MOSAIC

 Image       Berdasarkan ukuran dan bentuknya, mosaic terbagi menjadi single pattern, combination pattern dan trims. Single pattern tersedia dalam ukuran 18x18 mm, 25x25 mm, 28x28 mm, 50x50 mm, sampai yang paling besar 85 x 85 mm. Ada pula yang berbentuk persegi panjang ukuran 45 x 95 mm dan 50 x 100 mm, atau  bulat kecil-kecil mirip tablet
.
       Combination pattern memiliki ukuran bervariasi, yang merupakan kombinasi dari berbagai bentuk antara lingkaran, segiempat dan segitiga. Sedangkan jenis trims biasanya dipakai sebagai aksesoris seperti border, atau pingul. Ukuran trims bervariasi, antara 18x18 mm, 23.9x98.5 mm dan 22.4x 48.5 mm.

Image        Berdasar kilap tampilannya, mozaik tersedia dalam dua pilihan, yaitu glossy dan matt (anti slip). Ada juga rustic mosaic, yang banyak disukai karena menampilkan kesan alami dan tidak memantulkan cahaya.

       Untuk memudahkan pemasangan, antar keping mosaic dilekatkan pada jejaring yang terbuat dari bahan nilon membentuk satu lembaran seluas 0,1 m². Setiap satu meter persegi berisi 10 lembar. Sementara, untuk satu dusnya berisi 30 lembar atau tiga meter persegi,

KAYA DESAIN & MOTIF

Image        Mosaic memiliki variasi warna dan bentuk yang beragam. Aada sekitar 500 variasi warna. Bentuknya beragam, kotak-kotak, segi enam, bulat, dan segi panjang, dengan motif kembangan, dekoratif, atau acak.

       Dengan kekayaan desain yang dimilikinya, keramik mosaic dapat diaplikasikan ke dinding dan lantai, mengikuti gaya interior rumah. Untuk gaya klasik misalnya, bisa dipilih desain floral yang bersulur tungkainya. Sehingga lekukan desainnya sepadan dengan lekukan unik yang biasa diterapkan pada furnitur dan interior bergaya klasik. Untuk gaya interior modern, pilih desain yang mengusung bentuk geometris yang terkesan teratur dan simpel.

 Image  Image


Image   Image

 

 

 

 

 

KELEBIHAN MOSAIC

        Proses pmbuatan keramik mosaic melalui pembakaran selama 18 jam pada suhu 2.400 derajad Celcius, sehingga kadar serap airnya menjadi sangat rendah, hanya 0,006-0,3%. Karena itu mosaic yang sudah terpasang tidak mudah terangkat (mengelotok), dan tahan terhadap perubahan cuaca. Kekuatan lentur atau daya tekan keramik mosaic sangat baik, sebesar 450 kg/cm2. Sementara keramik lantai biasa hanya 200 kg/cm², sehingga mosaic tahan terhadap gesekan.

       Dibandingkan keramik biasa, warna mosaic juga lebih mengkilat (glossy) dan tidak mudah pudar. Aantar satu keping dengan keping lainnya tidak ada yang sama, sehingga setelah dipasang akan memberikan gradasi warna yang indah dan tidak membosankan.

Image  Image   

 


Image  Image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

APLIKASI

 Image      Mosaic banyak digunakan sebagai pelapis dinding dan lantai, sebagai penutup dinding belakang pada dapur, kamar mandi, teras, kolam renang dan lain-lain. Penggunaannya sangat fleksibel, bisa untuk eksterior ataupun interior. Bahkan mosaic bisa juga dipadu dengan furnitur seperti lemari atau meja, sebagai aksen menarik. Sebagai unsur dekoratif, mosaic bisa dibentuk menjadi pola-pola tertentu, sesuai keinginan pemesan. Hal ini merupakan custom made eksklusif yang memberi sentuhan pribadi pada individu tertentu. Polanya bisa berupa potongan-potongan (cutting decorative) untuk lebih menonjolkan karakter gambar. Motifnya beragam, mulai dari bunga, hewan atau abstrak yang dapat dipadu dengan ornamen dinding atau lantai dengan warna senada.

CARA PEMASANGAN

Image     Memasang mosaic cukup mudah.

-Lantai atau dinding Aanda diflor rata dan tidak boleh bergelombang.•
-Oleskan semen aditif secara merata dengan ketebalan 1-2 mm. •
-Letakkan mosaic tile dalam bentuk lembaran di atas olesan semen aditif. Biarkan • selama satu hari, lalu  antarkeping mosaic isi dengan nat. Pengisian nat tidak perlu sampai rata permukaan mosaic. Karena nat yang cekung akan memperindah tampilan mosaic disamping membuat permukaannya menjadi tidak licin.
-Untuk merapikan pemasangan, beberapa jam setelah pengisian nat, bersihkan mosaic • dengan sikat   yang serabutnya terbuat dari bahan nilon. Mudah bukan.

 

 
Image
Hunianku
Image
Apartment
Image
Idealhome
Image
Livingestate
 
Rubrikasi
ETALASE
HOME SWEET HOME
TREN DESAIN
ARSITEKTUR
INTERIOR
LAPORAN UTAMA
LIPUTAN KHUSUS
REKOMENDASI
PERBANKAN
PROPERTY
SOROT
FIGUR
ANJANGSANA
BUAH BIBIR
HOME APPLIANCE
INSPIRASI
FLORA & FAUNA
SENI
KONSULTASI
HANG OUT
MANCANEGARA
TIPS
LANSEKAP
COVER STORY
PEMBIAYAAN
POJOK DESAIN
KONSULTASI ARSITEKTUR
KONSULTASI INTERIOR
KONSULTASI FENG SHUI
GAYA HIDUP
INFO
MATERIAL
GALERI
FURNITURE
Wisata
Ragam
FOKUS
ruang
Advertisement
Polling
Polling 1
Polling 2
Visitors Counter
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday293
mod_vvisit_counterYesterday531
mod_vvisit_counterThis week2344
mod_vvisit_counterThis month13314
mod_vvisit_counterAll676950